Cara Mengatur Bandwidth Router TP-Link WR840N Dengan Bandwidth Control

Tutorial Cara Mengatur Bandwidth Pada Router TP-Link WR840N Dengan Bandwidth Control
Tutorial Cara Mengatur Bandwidth Pada Router TP-Link WR840N Dengan Bandwidth Control
Mengatur bandwidth pada router TP-Link WR840N bisa menjadi solusi efektif untuk mengoptimalkan koneksi internet di rumah atau kantor Anda. Dengan fitur Bandwidth Control, Anda bisa membatasi penggunaan bandwidth setiap perangkat yang terhubung, sehingga penggunaan internet lebih adil dan tidak ada perangkat yang menguasai semua bandwidth. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan langkah-langkah mudah untuk mengatur bandwidth pada router TP-Link WR840N.

Mengapa Mengatur Bandwidth Penting?


Mengatur bandwidth penting untuk memastikan setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet mendapatkan porsi yang adil. Beberapa alasan utama mengapa mengatur bandwidth adalah:

1. Menghindari Buffering: Pengaturan bandwidth dapat membantu mengurangi buffering saat streaming video atau bermain game online.
2. Mengoptimalkan Penggunaan: Dengan bandwidth yang terdistribusi secara adil, setiap pengguna dapat menikmati koneksi internet yang lebih stabil.
3. Mengontrol Penggunaan Data: Membatasi bandwidth dapat membantu mengontrol penggunaan data, terutama jika Anda memiliki paket internet dengan kuota terbatas.
4. Mencegah Penyalahgunaan: Anda dapat mencegah satu perangkat atau pengguna mengambil alih sebagian besar bandwidth, yang bisa mengganggu pengguna lain.

Sebelum memulai pengaturan bandwidth pada router TP-Link WR840N, pastikan Anda sudah:

1. Menghubungkan Router ke Komputer: Hubungkan komputer Anda ke router menggunakan kabel Ethernet atau Wi-Fi.
2. Mengetahui IP Address Router: Biasanya, IP address default router TP-Link adalah `192.168.0.1` atau `192.168.1.1`.
3. Mempersiapkan Informasi Login: Username dan password default biasanya `admin` dan `admin`, kecuali jika Anda sudah mengubahnya.

Langkah-langkah Mengatur Bandwidth Control

Berikut adalah langkah-langkah detail untuk mengatur Bandwidth Control pada router TP-Link WR840N:

1. Akses Pengaturan Router

Tutorial Cara Mengatur Bandwidth Pada Router TP-Link WR840N Dengan Bandwidth Control

1. Buka browser web dan masukkan IP address router di bilah alamat, lalu tekan Enter.
2. Masukkan username dan password untuk login ke antarmuka administrasi router.

2. Aktifkan Bandwidth Control

Tutorial Cara Mengatur Bandwidth Pada Router TP-Link WR840N Dengan Bandwidth Control

1. Setelah masuk, navigasikan ke tab Bandwidth Control.
2. Centang kotak untuk Enable Bandwidth Control.

3. Tentukan Kecepatan Internet

1. Masukkan kecepatan upload dan download total yang Anda dapatkan dari penyedia layanan internet (ISP) Anda di bagian Egress Bandwidth (untuk upload) dan Ingress Bandwidth (untuk download). Misalnya, jika Anda memiliki kecepatan 20Mbps untuk download dan 5Mbps untuk upload, masukkan angka-angka tersebut sesuai.

4. Tambahkan Aturan Bandwidth Control

1. Klik Add New untuk menambahkan aturan baru.
2. Masukkan IP address perangkat yang ingin Anda batasi. Jika Anda tidak tahu IP address perangkat, Anda bisa menemukannya di bagian DHCP Clients List.
3. Tentukan jangkauan IP, misalnya dari `192.168.0.100` hingga `192.168.0.199` jika Anda ingin membatasi beberapa perangkat dalam rentang IP tertentu.
4. Masukkan kecepatan minimum dan maksimum untuk upload dan download di kolom Egress dan Ingress. Misalnya, jika Anda ingin membatasi perangkat tersebut dengan kecepatan maksimum 2Mbps untuk download dan 1Mbps untuk upload, masukkan angka tersebut.
5. Klik Save untuk menyimpan aturan.

5. Uji Pengaturan


1. Setelah mengatur aturan, uji koneksi internet pada perangkat yang dibatasi untuk memastikan pengaturan berjalan sesuai rencana.
2. Lakukan penyesuaian jika diperlukan berdasarkan hasil uji coba.

Tips dan Trik Mengoptimalkan Pengaturan Bandwidth


1. Pahami Kebutuhan Pengguna: Setiap pengguna atau perangkat memiliki kebutuhan bandwidth yang berbeda. Pertimbangkan aktivitas mereka seperti streaming, gaming, atau browsing saat menentukan batasan bandwidth.
2. Monitoring Teratur: Pantau penggunaan bandwidth secara teratur untuk memastikan tidak ada perangkat yang melebihi batasan yang telah ditetapkan.
3. Prioritaskan Perangkat Penting: Jika Anda memiliki perangkat yang membutuhkan koneksi stabil, seperti komputer kerja atau perangkat smart home, prioritaskan perangkat tersebut dengan alokasi bandwidth yang lebih tinggi.
4. Update Firmware Router: Pastikan firmware router selalu diperbarui untuk mendapatkan fitur terbaru dan perbaikan bug yang mungkin mempengaruhi performa pengaturan bandwidth.

Kesimpulan


Mengatur bandwidth pada router TP-Link WR840N tidak hanya membantu Anda mengelola penggunaan internet dengan lebih efektif, tetapi juga memastikan setiap perangkat mendapatkan koneksi yang adil dan stabil. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa dengan mudah mengontrol dan membatasi bandwidth sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk selalu memantau dan menyesuaikan pengaturan jika diperlukan, sehingga semua pengguna dapat menikmati koneksi internet yang optimal.
"Everyone thinks of changing the world, but no one thinks of changing himself.” - Leo Tolstoy